SELAMAT DATANG DI FORUM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN IPS SMP KABUPATEN KEDIRI, SEMOGA BERMANFAAT DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KABUPATEN KEDIRI
TIM PENGEMBANG KURIKULUM SMP KABUPATEN KEDIRI MATA PELAJARAN IPS
Dra NIAM ISBAT FUTHONA,M.M.(SMPN 1 WATES), SAMSUL ARIFIN, S.Pd.(SMPN 1 GROGOL), DWI NUGROHO WIDI, S.Pd.(SMPN 2 GROGOL), Drs. RACHMAD RUMPOKO (SMPN 1 TAROKAN), DENOK WIDJAJANTI, S.Pd.(SMPN 1 GAMPENGREJO), TRINI NUSA BHAKTI, S.Pd(SMPN 1 PAPAR)

Senin, 21 Mei 2012

KISI –KISI DAN SOAL UKK 8



No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Uraian Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
skor
Bobot

1





























































5.Memahami usaha persiapan kemerdekaan












































 6 Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial


5.1 Mendeskripsikan peristiwa peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia

























5.2 Mendeskripsikan peristiwa peristiwa sekitar proklamasi












6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk Hubungan Sosial

Janji Perdana Mentri Koiso


Pembentukan BPUPKI



Sidang BPUPKI








Proses pembentukan PPKI dan peranannya dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia

Peristiwa Rengasdengklok

Penyebarluasan berita proklamasi






Makna/arti penting Proklamasi



Pembentukan alat kelengkapan negara


Dukungan spontan terhadap proklamasi
kemerdekaan



Tindakan tindakan Heroik diberbagai kotadi Indonesia


Pengertian Hubungan Sosial

Mengidentifikasi factor factor pendorong terjadinya Hubungan Sosial


Menyebut latar belakang Jepang memberi janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia

Menyebut tugas BPUPKI

Menyebut arti penting pembentukan BPUPKI

Disajikan data tentang tokoh tokoh yang mengemukakan  pandangan tentang dasar Negara.Siswa mengidentifikasi nama tokoh yang mengajukan pandangan tentang dasar negara

Menyebut tokoh yang mengusulkan nama Pancasila

Menyebut Badan yang dibentuk sebagai pengganti BPUPKI


Menyebut  tugas PPKI

Menyebut latar belakang terjadinya peristiwa Rengasdengklok


Menyebut  salah satu penyebab keterlambatan penyebarluasan berita proklamasi

Disajikan beberapa pernyataan, siswa mengidentifikasi makna/arti penting Proklamasi

Disajikan data tentang hasil sidang PPKI, Siswa mengidentifikasi hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945

Menyebut arti penting rapat raksasa di lapangan Ikada

Menyebut isi pernyataan Sri Sultan HB IX pada tanggal 20 September 1945

Menyebut makna tindakan heroik di berbagai kota di Indonesia


Menjelaskan Pengertian Hubungan Sosial

Menjelaskan factor pendorong dari luar yang menyebabkan terjadinya Hubungan Sosial


PG



PG

PG


PG



PG


PG



PG

PG



PG


PG



PG



PG


PG


PG



PG

PG

1



2

3


4



5


6



7

8



9


10



11



12


13


14



15

16

1



1

1


1



1


1



1

1



1


1



1



1


1


1



1

1

2



2

2


2



2


2



2

2



2


2



2



2


2


2



2

2


6. Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial


6.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk Hubungan Sosial


Mengidentifikasi bentuk bentuk hubungan sosial

Mengidentifikasi bentuk bentuk hubungan sosial
Menjelaskan bentuk hubungan social yang bersifat akomodasi.

Menjelaskan akibat dari pertentangan
PG


PG
17


18
1


1

2


2

6. Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial

6.2 Mendeskripsikan
Pranata Sosial dalam Kehidupan
Masyarakat

Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam Pembentukan kepribadian

Menyebutkan  bentuk keluarga

Menjelaskan pengertian sosialisasi dalam pranata  keluarga
PG

PG
19

20
1

1

2

2


6. Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial
6.2 Mendeskripsikan
Pranata Sosial dalam Kehidupan
Masyarakat

Mengidentifikasi fungsi Pranata Sosial

Mengidentifikasi jenis jenis Pranata Sosial
Menjelaskan pengertian Pranata Sosial


Menyebutkan fungsi pranata Agama,
PG


PG
21


22
1


1

2


2


6. Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial



6.2 Mendeskripsikan
Pranata Sosial dalam Kehidupan
Masyarakat

6.3 Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial


Mengidentifikasi jenis jenis Pranata Sosial




Mengidentifikasi jenis pengendalian                                                                    penyimpangan sosial

Menyebutkan fungsi pranata pendidikan




Menjelaskan cara Pengendalian Sosial
PG




PG
23




24
1




1
2




2

6. Memahami Pranata dan Penyimpangan Sosial


6.3 Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial



Mengidentifikasi jenis pengendalian                                                                    penyimpangan sosial


Menyebutkan bentuk pengendalian sosial


Menyebutkan Lembaga Pengendali Penyimpangan Sosial

PG


PG


25


26
1


1
2


2



1











7. Memahami   Kegiatan perekonomian Indonesia.
7.1. Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan  ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya







7.2. Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia


Pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja

Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran.

Permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja  di Indonesia (jumlah, mutu, persebarandan angka pengangguran)

Peningkatan mutu tenaga kerja

Sistem  perekonomian Indonesia


Pelaku-pelaku kegiatan perekonomian di Indonesia

Ciri-ciri utama perekonomian Indonesia .


Pelaku-pelaku kegiatan perekonomian  di   Indonesia

Kebaikan dan kelemahan sistem perekonomian Indonesia.









Ciri-ciri utama perekonomi-an Indonesia .


Menjelaskan pengertian tenaga kerja, angkatan kerja dan kesempatan kerja

Menjelaskan hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran


Menjelaskan permasalahan dasar yang berhubungan dengan tenaga kerja  di Indonesia (jumlah, mutu, persebaran dan angka pengangguran)

Menjelaskan syarat yang diperlukan oleh seorang tenaga kerja

Menjelaskan  permasalahan yang sering di dihadapi oleh tenaga kerja


Menyebutkan upaya pemerintah dalam memperluas lapangan kerja


Menyebutkan sistem perekonomian di Indonesia


Menyebutkan  pelaku ekonomi di Indonesia


Menyebutkan prinsip demokrasi  ekonomi Indonesia


Menjelaskan masalah pelaku ekonomi sektor informal


Menjelaskan faham free fight liberalism


Menyebutkan ciri sistem ekonomi di Indonesia

PG


PG



PG




PG


PG



PG



PG


PG


PG


PG


PG


PG

27


28



29




30


31



32



33


34


35


36


37


38


1


1



1




1


1



1



1


1


1


1


1


1

2


2



2




2


2



2



2


2


2


2


2


2


7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
7.3 Mendiskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian Indonesia












7.4 Mendiskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
- Fungsi pajak

-Jenis-jenis pajak




-Tarif pajak


-PPN



-Bea Meterai


-Faktor yang mempengaruhi permintaan

-Kurva permintaan


-Penawaran

-Kurva penawaran

-Harga pasar




Mengidentifikasi fungsi budgeter pajak

Menyebutkan contoh pajak yang dipungut pemerintah pusat

Mengidentifikasi contoh pajak tidak langsung

Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi tarif pajak progresif

Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi besarnya Pajak Pertambahan (PPN) dari suatu transaksi

Mengidentifikasi besarnya bea meterai yang harus dibayar dari suatu transaksi

Menyebutkan faktor yang mempengaruhi permintaan

Menjelaskan makna
kurva permintaan

Mengidentifikasi pengertian penawaran

Menjelaskan makna hukum penawaran

Mengidentifikasi pengertian harga pasar

Disajikan data, siswa dapat menunjukkan besarnya harga pasar




PG

PG


PG

PG


PG



PG


PG


PG


PG

PG

PG

PG

39

40


41

42


43



44


45


46


47

48

49

50
1

1


1

1


1



1


1


1


1

1

1

1




2

2


2

2


2



2


2


2


2

2

2

2
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar