Entri Populer

Senin, 21 Mei 2012

KISI –KISI DAN SOAL UKK 7



No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Uraian Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
Skor
Bobot
1.
4.  Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.

4.1 Mengguna-kan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.

-  Syarat-syarat peta.
- Dapat mengidentifikasi salah satu syarat peta.
PG
1
1
2
-  Skala garis
- Dapat mengkonversi skala garis menjadi skala angka.

PG
2
1
2
-  Jenis-jenis peta.
- Dapat mengklasifikasikan jenis peta berdasarkan isinya.

PG
3
1
2
-   Jenis atlas

- Dapat mengidentifikasi salah satu jenis atlas
PG
4
1
2
-   garis astronomis

-    Disajikan gambar globe, siswa dapat meyebutkan salah satu garis astronomis

PG
5
1
2
2.
4.
4.2  Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi
-    unsur-unsur sketsa
-   dapat menentukan salah satu hal yang seharusnya tidak ada pada sebuah sketsa
PG
6
1
2









4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Deskripsi kondisi geografis suatu wilayah
Disajikan data siswa dapat menyebutkan letak geografis Indonesia
PG
7
1
2

4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Deskripsi keterkaitan kondisi geografis dan penduduk suatu wilayah
Siswa dapat menyebutkan keterkaitan kondisi geografis dan keadaan penduduk
PG
8
1
2
3.













4.4 Mendiskripsikan gejala atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan









-    lapisan atmosfer

-    Dapat menentukan karakteristik lapisan mesosfer
PG
9
1
2
-    iklim matahari

-    Dapat menyebutkan ciri-ciri iklim tropis

PG
10
1
2
-    anomali musim

-    Dapat menyebutkan faktor penyebab adanya anomali musim di Indonesia

PG
11
1
2
-    iklim lokal

-    Disajikan gambar, siswa dapat menentukan salah satu jenis angin lokal
PG
12
1
2






4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya





4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya     terhadap kehidupan.
Siklus hidrologi
Siswa dapat menjelaskan istilah dalam siklus hidrologi
PG
13
1
2

4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya



4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya     terhadap kehidupan.
Perairan darat
Siswa dapat memilih jenis-jenis perairan darat
PG
14
1
2




4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya

4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya     terhadap kehidupan
Sunga
Berdasarkan pernyataan ciri-cirinya, siswa dapat menyebutkan bagian sungai
PG
15
1
2



4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya




4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya     terhadap kehidupan
Manfaat perairan laut





Siswa dapat menyebutkan manfaat perairan laut


PG
16
1
2

6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat.





6.1Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

Macam-macam mata pencaharian penduduk.


Siswa dapat menyebutkan factor pendukung kegiatan pertanian di Indonesia
PG
17
1
2

6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat







6.1Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.

Bentuk muka bumi dan penggunaan lahan
Siswa dapat menyebutkan pemanfaatan lahan yang paling cocok di daerah pegunungan
PG
18
1
2

6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat




6.1Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
Penggunaan lahan di daerah perkotaan dan di perdesaan
Siswa dapat menyebutkan ciri dari penggunaan lahan di perkotaan
PG
19
1
2

6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

6.1Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
Pola permukiman penduduk
Siswa dapat menyebutkan pola permukiman penduduk
PG
20
1
2


5.    Memahami perkembangan masyarakat sejakmasa Hindu-Budha sampai masa kolonial Eropa











5.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha serta peninggalan-peninggalannya
·         Proses masuk dan berkembangnya Hindu Budha di Indonesia

·         Kerajaan-kerajaan Hindu di Indoneisa

·     dapat menyebutkan  salah satu teori masuknya Hindu ke Indonesia


·     dapat menyebutkan pwninggalan tertulis peninggalan kerajaan Kutai


PG


PG
21


22



1


1
2


2













































`

















5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia ,serta peninggalan- peninggalannya

















5.3  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa.




·         Kerajaan-kerajaan Hindu di Indonesia

·         Kerajaan-kerajaan Hindu di Indoneisa

·         Peninggalan kebudayaan Hindu di Indonesia

·         Proses masuknya Islam di Indonesia

·         Tokoh-tokoh penyebar Islam di Indonesia


·         Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia


·         Peningalan-peninggalan kebudayaan Islam di Indonesia

·         Peningalan-peninggalan kebudayaan Islam di Indonesia

·         Tujuan kedatangan bangsa Eropa di Indonesia


·         Kedatangan bangsa Eropa di Indonesia






·         Reaksi bangsa Indonesia terhadap Belanda



·     dapat menyebutkan sebab terpecahnya Mataram Kuno menjadi dinasti Sanjaya dan Sailendra

·     dapat menyebutkan salah satu kerajaan Hindu yang terletak di tepi S. Brantas

·     dapat menyebutkan kerajaan yang mengalami masa keemasan sastra kuno

·     Menyebutkan bukti bahwa Islam telah masuk Jawa Timur sejak abad 11

·     Menyebutkan salah satu tokoh penyebar Islam di Indonesia


·     Menyebutkan kerajaan Islam pertama di Jawa yang pernah menyerang Portugis di Malaka


·     Dapat meneyebutkan bentuk atap  masjid kuno peninggalan budaya Islam


·     Dapat menyebutkan salah satu peninggalan Islam yang berakulturaasi dengan budaya Hindu


·     Dapat menyebutkan salah satu tujuan kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia


·     Dapat menyebutkan bangsa Eropa yang pertama kali mencapai Indonesia


·     Dapat menyebutkan tokoh yang memimpin kedatangan bangsa Belanda di Indonesia


·     Dapat menyebutkan taktik Belanda dalam mengalahkan perlawanan bangsa Indonesia


·     Dapat menyebutkan salah satu perjanjian perdamaian Indonesia – Belanda
·     Dapat menyebutkan salah satu penyebab kekalahan bangsa Indonesia melawan Belanda


PG

PG


PG


PG

PG



PG


PG



PG



PG


PG



PG


PG


PG

PG



23

24


25


26

27



28


29



30



31


32



33


34


35

36


1

1


1


1

1



1


1



1



1


1



1


1


1

1
2

2


2


2

2



2


2



2



2


2



2


2


2

2

6. memahami kegiatan ekonomi masyarakat.

6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiatan  konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa







6.3.Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses  produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi




6.4.Menggunakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

Kegiatan produksi



Dampak perilaku konsumtif

Tujuan kegiatan distribusi

Hubungan antara konsumsi dan tingkat pendidikan

Pengertian perusahaan ekstraktif

Perusahaan perseorangan


Koperasi


Pengertian pedagang

Perseroan Terbatas

Kreatifitas


Inovatif


Mandiri


Sifat Wirausaha


Kreatif


Disajikan data berbagai kegiatan ekonomi, siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk kegiatan produksi

Menyebutkan dampak perilaku konsumtif


Menyebutkan tujuan kegiatan distribusi


Menunjukkan hubungan antara konsumsi dan tingkat pendidikan


Menjelaskan pengertian perusahaan ekstraktif


Menjelaskan pengertian tanggungjawab tidak terbatas pada perusahaan perseorangan

Menyebutkan ciri-ciri atau karakteristik badan usaha koperasi

Menjelaskan pengertian pedagang

Menyebutkan pengertian perseroan terbatas

Disajikan narasi, dapat mengidentifikasi ciri-ciri orang kreatif

Disajikan data, dapat mengidentifikasi ciri manusia kreatif dan inovatif

Dapat mengidentifikasi perilaku yang mandiri


Dapat menyebutkan sifat yang harus dimiliki pengusaha

Menjelaskan sikap kreatif dalam memanfaatkan lokasi usaha.


PG



PG


PG


PG



PG


PG


PG


PG

PG

PG


PG


PG


PG


PG



37



38


39.


40



41


42


43


44

45

46


47


48


49


50
1



1


1


1



1


1


1


1

1

1


1


1


1


1



2



2


2


2



2


2


2


2

2

2


2


2


2


2


2 komentar:

  1. http://agenpulsakandangan.blogspot.com/


    Harga Berlaku Nasional Silahkan Anda cek harga setelah bergabung bersama kami. Semua harga berlaku nasional.
    Deposit Mudah Adil, Ringan Anda dapat menyetorkan deposit Anda ke tempat kami atau dari ATM / Teller / SMS Banking / Phone

    Banking / internet Banking anda, melalui bank BNI, MANDIRI, BCA, BRI dimana pun di seluruh Indonesia, sehingga memudahkan Anda

    untuk mengisi deposit Anda. Deposit berupa nilai Rupiah.
    Transaksi Token PLN Prabayar Selain untuk transaksi pulsa, saldo anda juga bisa dipakai untuk transaksi pembelian token PLN

    Prabayar.
    Pelayanan Kami Customer service yang bersahabat, siap melayani Anda dengan sepenuh hati. Silahkan Anda kirim sms, telepon

    atau chat via ym Customer service yg selalu siap membantu Anda, Termasuk hari libur.


    Alamat : Jl.Glatik 10 RT01 RW02
    Kec. Kandangan
    Kab. Kediri
    Jawa Timur
    INDONESIA 64294
    sms: 0818628031
    ym :cs_aptinfo@yahoo.com
    Owner: cs_aptinfo
    Bank Support: BCA - BNI - MANDIRI - BRI
    Transaksi Support: SMS, YM & GTALK
    Alamat Web:

    Daftar Mitra Dealer ValasTell
    MD SP : DAFTAR.SP.NOHP.NAMA.KOTA
    MD 3P : DAFTAR.3P.NOHP.NAMA.KOTA
    KIRIM KE: 0818628031


    http://agenpulsakandangan.blogspot.com/

    BalasHapus