KISI-KISI
ULANGAN KENAIKAN KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Jenis sekolah : SMP
Mata pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kurikulum : KTSP
Waktu : 90menit
Jumlah Soal : 50
NO
|
KOMPETENSI DASAR/SUBTEMA
|
MATERI
|
BAHAN KELAS
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NO SOAL
|
1
|
5.1 Menje-laskan Proses
persiapan kemerde-kaan Indonesia.
|
Alasan Jepang membentuk BPUPKI
|
VIII
|
Siswa dapat
menyebutkan realisasi janji Jepang kepada Indonesia
|
PG
|
1
|
|
VIII
|
Siswa dapat
menyebutkan siapa yang bertugas mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang
penting yang berhubungan dengan berbagai hal yang menyangkut pembentukan
Negara Indonesia merdeka
|
PG
|
2
|
||
|
Penyusunan dasar dan konstitusi
untuk negara yang akan didirikan
|
VIII
|
Disajikan data
Siswa dapat menyebutkan hasil-hasil dari sidang –sidang BPUPKI
|
PG
|
3
|
|
|
VIII
|
Siswa dapat menyebutkan pengganti BPUPKI
|
PG
|
4
|
||
|
Peranan PPKI dalam proses persiapan
kemerdekaan Indonesia
|
VIII
|
Siswa dapat
menyebutkan tugas dari PPKI
|
PG
|
5
|
|
|
VIII
|
Siswa dapat menyebutkan rumusan dasar
Negara menurut Piagam Jakarta yang dianggap kurang sesuai dengan kondisi
bangsa Indonesia yang diganti.
|
PG
|
6
|
||
|
5.2 Mendeskripsikan peristiwa- peristiwa
sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
|
Perbedaan perspektif antar kelompok
sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia
|
VIII
|
Siswa dapat menyebutkan
tujuan kelompok muda menculik dua tokoh tua
|
PG
|
7
|
|
VIII
|
Siswa dapat
menjeelaskan alasan kelompok tua tidak bersedia melaksanakan proklamasi
sesegera mungkin
|
PG
|
8
|
||
|
VIII
|
Disajikan data siswa dapat menyebutkan
tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam perumusan teks proklamasi
|
PG
|
9
|
||
|
Kronologi proklamasi kemerdekaan
Indonesia
|
VIII
|
Disajikan data siswa dapat mengurutkan
susunan acara yang direncanakan dalam pembacaan teks proklamasi kemerdekaan
Indonesia yang benar
|
PG
|
10
|
|
|
VIII
|
Siswa dapat
menyebutkan makna dan arti penting Proklamasi kemerdekaan Indonesia bila
dilihat dari segi politik ideologis
|
PG
|
11
|
||
|
VIII
|
Siswa dapat menyebutkan makna penting Rapat Raksasa di Lapangan IKADA
yang dihadiri Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta memiliki bagi Indonesia.
|
PG
|
12
|
||
|
6.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
|
Pengertian Hubungan Sosial
|
VIII
|
Menyebutkan Syarat-syarat terjadinya hubungan
sosial
|
PG
|
13
|
|
Mengidentifikasi factor- factor pendorong terjainya Hubungan Sosial
|
VIII
|
Menjelaskan factor pendorong dari luar yang
menyebabkan terjadinya hubungan Sosial
|
PG
|
14
|
|
|
Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial
|
VIII
|
Menjelaskan bentuk hubungan social yang bersifat
akomodasi
|
PG
|
15
|
|
|
VIII
|
Menyebutkan fungsi pranata
keluarga
|
PG
|
16
|
||
|
Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan
sosial
|
VIII
|
Mengidentifikasi
Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.
|
PG
|
17
|
|
|
VIII
|
Mengidentifikasi Faktor-faktor yang mempengaruhi proses asimilasi.
|
PG
|
18
|
||
|
6.2 Mendeskripsikan Pranata Sosial dalam Kehidupan Masyarakat
|
Mendeskripsikan peran
pranata sosial
|
VIII
|
Menjelaskan pengertian pranata sosial
|
PG
|
19
|
|
Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam Pembentukan kepribadian
|
VIII
|
Menjelaskan pengertian sosialisasi dalam pranata keluarga
|
PG
|
20
|
|
|
Mengidentifikasikan
jenis-jenis pranata sosial
|
VIII
|
Menjelaskan jenis pranata sosial yang berdasarkan Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat
|
PG
|
21
|
|
|
VIII
|
Menyebutkan fungsi pranata Agama
|
PG
|
22
|
||
|
VIII
|
Menyebutkan fungsi pranata pendidikan
|
PG
|
23
|
||
|
Fungsi pranata sosial
|
VIII
|
Mendiskripsikan
peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian
|
PG
|
24
|
|
|
6.3 Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial
|
Mengidentifikasi jenis pengendalian penyimpangan social
|
VIII
|
Menjelaskan bentuk Pengendalian
sosial menurut tujuannya
|
PG
|
25
|
|
VIII
|
Menyebutkan bentuk-bentuk pengendalian social
|
PG
|
26
|
||
|
VIII
|
Menyebutkan Lembaga Pengendali Penyimpangan Sosial
|
PG
|
27
|
||
|
Jenis pengendalian penyimpangan sosial
(preventif dan represif)
|
VIII
|
Mendiskripsikan
tujuan pengendaliaan sosial
|
PG
|
28
|
|
|
7.1 Mendes-kripsikan permasalahan angkatan
kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam
upaya penainggulangannya
|
Hubungan
antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran.
|
VIII
|
Disajikan kasus
siswa dapat menyebutkan golongan tenaga kerja orang yang disebut dalam kasus
|
PG
|
29
|
|
|
.
|
VIII
|
Disajikan data dalam kolom siswa dapat memilih kolom yang tergolong
tenaga kerja terdidik
|
PG
|
30
|
|
|
|
VIII
|
Siswa dapat
menyebutkan faltor-faktor yang dapat
mempengaruhi angkatan kerja
|
PG
|
31
|
|
|
Jenis-jenis
pengangguran
|
VIII
|
Disajikan kasus siswa dapat menyebutkan golongan apa pada kelompok
pengangguran
|
PG
|
32
|
|
|
Peranan
pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia
|
VIII
|
Siswa dapat menyebutkan
usaha pemerintah dalam mengatasi ketenagakerjaan
|
PG
|
33
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.2 Mendiskripsikan pelaku-pelaku
ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
|
Sistem Ekonomi
|
VIII
|
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menyebutkan ciri sistem ekonomi terpusat
|
PG
|
34
|
|
Bentuk sektor usaha formal
|
VIII
|
Menyebutkan bentuk sektor usaha yang sesuai pasal 33 UUD 1945
|
PG
|
35
|
|
|
Sistem Perekonomian
Indonesia
|
VIII
|
Menyebutkan
ciri sistem perekonomian Indonesia
|
PG
|
36
|
|
|
BUMN
|
VIII
|
Menjelaskan tujuan BUMN
|
PG
|
37
|
|
|
Pemerintah sebagai pelaku kegiatan
ekonomi
|
VIII
|
Memberikan contoh kegiatan ekonomi
pemerintah daerah
|
PG
|
38
|
|
|
Pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi
|
VIII
|
Memberikan contoh peran pemerintah
sebagai pengatur kegiatan ekonomi
|
PG
|
39
|
|
|
7.3 Mendiskripsikan fungsi pajak dalam
perekonomian Indonesia
|
Pajak dan
Retribusi
|
VIII
|
Menjelaskan perbedaan pajak dengan
retribusi
|
PG
|
40
|
|
Fungsi Pajak
|
VIII
|
Mengidentifikasi fungsi pajak
|
PG
|
41
|
|
|
Jenis-jenis pajak
|
VIII
|
Menyebutkan contoh pajak ditinjau dari cara
pemungutannya
|
PG
|
42
|
|
|
VIII
|
Disajikan data contoh macam-macam pajak,
siswa dapat menyebutkan
contoh pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah
|
PG
|
43
|
||
|
Tarif pajak
|
VIII
|
Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi salah satu macam
tarif pajak
|
PG
|
44
|
|
|
Pajak
Pertambahan Nilai(PPN)
|
VIII
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi besarnya Pajak Pertambahan (PPN) dari suatu transaksi
|
PG
|
45
|
|
|
7.4 Mendiskripsikan permintaan dan
penawaran serta terbentuknya harga pasar
|
Permintaan
|
VIII
|
Mengidentifikasi permintaan berdasarkan
daya beli konsumen
|
PG
|
46
|
|
VIII
|
Menyebutkan faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan
|
PG
|
47
|
||
|
Penawaran
|
VIII
|
Mengidentifikasi pengertian penawaran
|
PG
|
48
|
|
|
VIII
|
Menjelaskan hukum
penawaran
|
PG
|
49
|
||
|
Harga Pasar
|
VIII
|
Mengidentifikasi pengertian harga pasar
|
PG
|
50
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar