KISI-KISI
SOAL IPS
ULANGAN
KENAIKAN KELAS VII
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
BAHAN
KELAS
|
INDIKATOR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
NO
SOAL
|
1
|
4.
Memahami usaha manusia untuk mengenali
perkembangan lingkungannya
|
4.1
Menggunakan peta, atlas,
dan globe untuk mendapatkan informasi
keruangan
|
Syarat membuat peta
|
VII
|
Dapat menyebutkan syarat-syarat
membuat peta yang baik.
|
PG
|
1
|
|
|
|
Jenis-jenis peta
|
VII
|
Disajikan peta, dapat menyebutkan
contoh peta berdasar isi, bentuk dan skalanya.
|
PG
|
2
|
|
|
|
Jenis-jenis peta
|
VII
|
Diberikan pernyataan, dapat
menyebutkan contoh peta berdasar isi, bentuk dan skalanya.
|
PG
|
3
|
|
|
|
Atlas
|
VII
|
Dapat menyebutkan unsur-unsur atlas
dan peta
|
PG
|
4
|
|
|
|
Atlas
|
VII
|
Disajikan pernyataan, dapat mengetahui
informasi geografi melalui komponen atlas
|
PG
|
5
|
|
|
|
Globe
|
VII
|
Dapat menyebutkan manfaat globe
|
PG
|
6
|
|
|
|
Globe
|
VII
|
Dapat menyebutkan kedudukan globe
|
PG
|
7
|
|
|
4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
|
Kondisi geografi fisik
|
VII
|
Dapat menunjukkan kondisi geografi fisik yang sangat mempengaruhi
aktivitas penduduk
|
PG
|
8
|
|
|
|
Karakteristik penduduk
|
VII
|
Dapat menunjukkan
pola pemukiman penduduk di suatu wilayah
|
PG
|
9
|
|
|
|
Karakteristik penduduk
|
VII
|
Dapat menunjukkan
karakteristik penduduk di wilayah dataran tinggi
|
PG
|
10
|
|
|
4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang
terjadi di atmosfer dan
hidrosfer, serta
dampaknya terhadap kehidupan
|
Lapisan-lapisan atmosfer
|
VII
|
Disajikan data,
dapat menyebutkan ciri-ciri lapisan atmosfer
|
PG
|
11
|
|
|
|
Angin
|
VII
|
Dapat menyebutkan
jenis-jenis angin
|
PG
|
12
|
|
|
|
Hujan
|
VII
|
Dapat menyebutkan
jenis-jenis hujan
|
PG
|
13
|
|
|
|
Siklus hidrologi
|
VII
|
Disajikan gambar,
dapat menyebutkan macam-macam siklus air
|
PG
|
14
|
|
|
|
Sungai
|
VII
|
Dapat menyebutkan
ciri-ciri sungai di Indonesia
|
PG
|
15
|
|
|
|
Sungai
|
VII
|
Disajikan gambar,
dapat menunjukkan pola aliran sungai di Indonesia
|
PG
|
16
|
|
|
|
Danau
|
VII
|
Dapat mengetahui
penyebab terjadinya danau
|
PG
|
17
|
|
|
|
Air tanah
|
VII
|
Dapat menyebutkan
macam-macam air tanah
|
PG
|
18
|
|
|
|
Laut
|
VII
|
Disajikan gambar,
dapat menunjukkan zone/wilayah laut
|
PG
|
19
|
|
|
|
Laut
|
VII
|
Disajikan
pernyataan, dapat menunjukkan karakteristik zone/wilayah laut
|
PG
|
20
|
|
5.
Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu Budha sampai masa colonial
Eropa
|
5.1 Mendeskripsikan perkembangan
masyarakat kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindi Budha serta
peninggalan peninggalannya
|
Pengaruh
budaya Hindu Budha di Indonesia
|
VII
|
Disajikan
beberapa pernyataan, siswa menyebutkan perubahan perubahan yang terjadi di
Indonesia setelah masuknya pengaruh Hindu Budha
|
PG
|
21
|
||
|
|
|
Kerajaan
bercorak Hindu Budha
|
|
Disajikan
nama nama prasasti,siswa menyebut sumber sejarah kerajaan Taruma negara
|
PG
|
22
|
||
|
|
|
|
VII
|
Menyebut
peninggalan Hindu di Jawa Tengah
|
PG
|
23
|
||
|
|
|
|
VII
|
Menyebut
tujuan Raja Airlangga membagi kerajaannnya menjadi dua
|
PG
|
24
|
||
|
|
|
|
|
Menyebut
nama raja yang melakukan ekspedisi Pamalayu
|
PG
|
25
|
||
|
|
|
|
|
Mengidentifikasi
sumber sejarah kerajaan Sriwijaya yang berada di luar negeri
|
PG
|
26
|
||
|
|
|
|
|
Menyebut
makna sumpah Palapa yang diuccapkan oleh Mahapatih Gajah Mada dari kerajaan
Majapahit
|
PG
|
27
|
||
|
|
|
|
|
Menidentifikasi
sebab sebab keruntuhan kerajaan Majapahit
|
PG
|
28
|
||
|
|
5.2
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa
Islam diIndonesia serta peninggalan peninggalannya
|
Kerajaan bercorak Islam
|
VII
|
Menyebut tokoh pendiri kerajaan islam
tertua di Indonesia
|
PG
|
29
|
||
|
|
|
|
VII
|
Menyebut
tujuan kerajaan Demak menguasai Banten
dan Cirebon
|
PG
|
30
|
||
|
|
|
|
VII
|
Menyebut
nama raja Mataram yang melakukan serangan terhadap VOC di Batavia
|
PG
|
31
|
||
|
|
|
Peninggalan sejarah bercorak Islam
|
VII
|
Menyebut
asal pengaruh atap masjid di Indonesia
|
PG
|
32
|
||
|
|
|
|
VII
|
Menyebut
keistimewaan masjid Demak
|
PG
|
33
|
||
|
|
|
|
VII
|
Menyebut
nama masjid yang beratap tumpang
|
PG
|
34
|
||
|
|
5.3Mendeskripsikan
perkembangan masyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa colonial Eropa
|
Penjelajahan Samodra
|
VII
|
Mengidentifikasi
peranan Indonesia dalam pelayaran internasional
|
PG
|
35
|
||
|
6. memahami kegiatan ekonomi masyarakat.
|
6.2 Mendeskripsikan kegiatan
pokok ekonomi, yang meliputi kegiatan
konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa
|
Konsumsi
|
VII/2
|
Disajikan
data tentang ciri kegiatan dapat mengidentifikasi ciri-ciri kegiatan konsumsi
|
PG
|
36
|
||
|
|
|
Konsumsi
|
VII/2
|
Dapat
menunjukkan ciri konsumen yang rasional
|
PG
|
37
|
||
|
|
|
Produksi
|
VII/2
|
Disajikan
data tentang kegiatan produksi dapat menunjukan kegiatan produksi yang
menghasilkan barang
|
PG
|
38
|
||
|
|
|
Produksi
|
VII/2
|
Disajikan
data tentang kegiatan contoh kegiatan ekonomi dapat menyebutkan yang termasuk
kegiatan produksi
|
PG
|
39
|
||
|
|
|
Distribusi
|
VII/2
|
Dapat
menyebutkan urutan aliran distribusi pendek
|
PG
|
40
|
||
|
|
|
Distribusi
|
VII/2
|
Disajikan
data tentang etika kegiatan ekonomi dapat menyebutkan etika dalam
pendistribusian barang dan jasa
|
PG
|
41
|
||
|
|
6.3.Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai
tempat berlangsungnya proses produksi
dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
|
Perusahaan
Industri
|
VII/2
|
Disajikan
data tentang macam-macam perusahaan dapat mengidentifikasi yang termasuk
perusahaan industri
|
PG
|
42
|
||
|
|
|
Koperasi
Sekolah
|
VII/2
|
Dapat menyebutkan ciri koperasi sekolah
|
PG
|
43
|
||
|
|
|
Firma
|
VII/2
|
Dapat
menyebutkan keunggulan Firma
|
PG
|
44
|
||
|
|
6.4.Menggunakan gagasan
kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
|
Hasil
Kreatifitas
|
VII/2
|
Disajikan
data hasil produksi dapat menunjukkan yang termasuk hasil kreativitas dalam
negeri
|
PG
|
45
|
||
|
|
|
Mandiri
|
VII/2
|
Dapat
menunjukkan ciri hidup mandiri
|
PG
|
46
|
||
|
|
|
Kreatifitas
|
VII/2
|
Dapat
menyebutkan alasan yang membedakan kreativitas dalam diri manusia
|
PG
|
47
|
||
|
|
|
Kreatifitas
|
VII/2
|
Dapat
menunjukkan contoh kreativitas dalam kehidupan sehari-hari
|
PG
|
48
|
||
|
|
|
Inovator
|
VII/2
|
Dapat
menyebutkan ciri inovator
|
PG
|
49
|
||
|
|
|
Kreatif
|
VII/2
|
Dapat
menyebutkan ciri mental orang kreatif
|
PG
|
50
|
||
Mengesahkan,
------------------------------------------------------------
|
Kediri, Mei 2015
Penyusun,
Tim
Pengembang Kurikulum IPS
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar