SELAMAT DATANG DI FORUM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN IPS SMP KABUPATEN KEDIRI, SEMOGA BERMANFAAT DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KABUPATEN KEDIRI
TIM PENGEMBANG KURIKULUM SMP KABUPATEN KEDIRI MATA PELAJARAN IPS
Dra NIAM ISBAT FUTHONA,M.M.(SMPN 1 WATES), SAMSUL ARIFIN, S.Pd.(SMPN 1 GROGOL), DWI NUGROHO WIDI, S.Pd.(SMPN 2 GROGOL), Drs. RACHMAD RUMPOKO (SMPN 1 TAROKAN), DENOK WIDJAJANTI, S.Pd.(SMPN 1 GAMPENGREJO), TRINI NUSA BHAKTI, S.Pd(SMPN 1 PAPAR)

Selasa, 19 Mei 2015

KISI KISI UKK KELAS 7 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 UNTUK KTSP

KISI-KISI SOAL IPS
ULANGAN KENAIKAN KELAS VII
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

NO
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
MATERI
BAHAN KELAS
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NO SOAL
1
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali  perkembangan lingkungannya

4.1 Menggunakan peta, atlas, dan  globe untuk mendapatkan informasi keruangan

Syarat membuat peta
VII
Dapat menyebutkan syarat-syarat membuat peta yang baik.
PG
1



Jenis-jenis peta
VII
Disajikan peta, dapat menyebutkan contoh peta berdasar isi, bentuk dan skalanya.
PG
2



Jenis-jenis peta
VII
Diberikan pernyataan, dapat menyebutkan contoh peta berdasar isi, bentuk dan skalanya.
PG
3



Atlas
VII
Dapat menyebutkan unsur-unsur atlas dan peta
PG
4



Atlas
VII
Disajikan pernyataan, dapat mengetahui informasi geografi melalui komponen atlas
PG
5



Globe
VII
Dapat menyebutkan manfaat globe
PG
6



Globe
VII
Dapat menyebutkan kedudukan globe
PG
7


4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk

Kondisi geografi fisik
VII
Dapat menunjukkan kondisi geografi fisik yang sangat mempengaruhi aktivitas penduduk
PG
8




Karakteristik penduduk
VII
Dapat menunjukkan pola pemukiman penduduk di suatu wilayah
PG
9




Karakteristik penduduk
VII
Dapat menunjukkan karakteristik penduduk di wilayah dataran tinggi
PG
10


4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang 
      terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta
      dampaknya terhadap kehidupan
Lapisan-lapisan atmosfer
VII
Disajikan data, dapat menyebutkan ciri-ciri lapisan atmosfer
PG
11



Angin
VII
Dapat menyebutkan jenis-jenis angin
PG
12



Hujan
VII
Dapat menyebutkan jenis-jenis hujan
PG
13



Siklus hidrologi
VII
Disajikan gambar, dapat menyebutkan macam-macam siklus air
PG
14



Sungai
VII
Dapat menyebutkan ciri-ciri sungai di Indonesia
PG
15



Sungai
VII
Disajikan gambar, dapat menunjukkan pola aliran sungai di Indonesia
PG
16



Danau
VII
Dapat mengetahui penyebab terjadinya danau
PG
17



Air tanah
VII
Dapat menyebutkan macam-macam air tanah
PG
18



Laut
VII
Disajikan gambar, dapat menunjukkan zone/wilayah laut
PG
19



Laut
VII
Disajikan pernyataan, dapat menunjukkan karakteristik zone/wilayah laut
PG
20



5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu Budha sampai masa colonial Eropa
5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindi Budha serta peninggalan peninggalannya
Pengaruh budaya Hindu Budha di Indonesia
VII
Disajikan beberapa pernyataan, siswa menyebutkan perubahan perubahan yang terjadi di Indonesia setelah masuknya pengaruh Hindu Budha
PG
21



Kerajaan bercorak Hindu Budha

Disajikan nama nama prasasti,siswa menyebut sumber sejarah kerajaan Taruma negara
PG
22




VII
Menyebut peninggalan Hindu di Jawa Tengah
PG
23




VII
Menyebut tujuan Raja Airlangga membagi kerajaannnya menjadi dua
PG
24





Menyebut nama raja yang melakukan ekspedisi Pamalayu
PG
25





Mengidentifikasi sumber sejarah kerajaan Sriwijaya yang berada di luar negeri
PG
26





Menyebut makna sumpah Palapa yang diuccapkan oleh Mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit
PG
27





Menidentifikasi sebab sebab keruntuhan kerajaan Majapahit
PG
28


5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam diIndonesia serta peninggalan peninggalannya
Kerajaan bercorak Islam
VII
Menyebut tokoh pendiri kerajaan islam tertua di Indonesia
PG
29







VII
Menyebut tujuan  kerajaan Demak menguasai Banten dan Cirebon
PG
30




VII
Menyebut nama raja Mataram yang melakukan serangan terhadap VOC di Batavia
PG
31



Peninggalan sejarah bercorak Islam
VII
Menyebut asal pengaruh atap masjid di Indonesia
PG
32




VII
Menyebut keistimewaan masjid Demak
PG
33




VII
Menyebut nama masjid yang beratap tumpang
PG
34


5.3Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa colonial Eropa
Penjelajahan Samodra
VII
Mengidentifikasi peranan Indonesia dalam pelayaran internasional
PG
35

6. memahami kegiatan ekonomi masyarakat.

6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi, yang meliputi kegiatan  konsumsi, produksi, dan distribusi barang /jasa

Konsumsi
VII/2
Disajikan data tentang ciri kegiatan dapat mengidentifikasi ciri-ciri kegiatan konsumsi
PG
36



Konsumsi

VII/2
Dapat menunjukkan ciri konsumen yang rasional
PG
37



Produksi

VII/2
Disajikan data tentang kegiatan produksi dapat menunjukan kegiatan produksi yang menghasilkan barang
PG
38



Produksi

VII/2
Disajikan data tentang kegiatan contoh kegiatan ekonomi dapat menyebutkan yang termasuk kegiatan produksi
PG
39



Distribusi

VII/2
Dapat menyebutkan urutan aliran distribusi pendek
PG
40



Distribusi
VII/2
Disajikan data tentang etika kegiatan ekonomi dapat menyebutkan etika dalam pendistribusian barang dan jasa
PG
41


6.3.Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses  produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi


Perusahaan Industri
VII/2
Disajikan data tentang macam-macam perusahaan dapat mengidentifikasi yang termasuk perusahaan industri
PG
42



Koperasi Sekolah
VII/2
Dapat menyebutkan ciri koperasi sekolah
PG
43



Firma
VII/2
Dapat menyebutkan keunggulan Firma
PG
44


6.4.Menggunakan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

Hasil Kreatifitas
VII/2
Disajikan data hasil produksi dapat menunjukkan yang termasuk hasil kreativitas dalam negeri
PG
45



Mandiri
VII/2
Dapat menunjukkan ciri hidup mandiri
PG
46



Kreatifitas
VII/2
Dapat menyebutkan alasan yang membedakan kreativitas dalam diri manusia
PG
47



Kreatifitas

VII/2
Dapat menunjukkan contoh kreativitas dalam kehidupan sehari-hari
PG
48



Inovator
VII/2
Dapat menyebutkan ciri inovator
PG
49



Kreatif
VII/2
Dapat menyebutkan ciri mental orang kreatif
PG
50

Mengesahkan,



------------------------------------------------------------
                                                           Kediri, Mei 2015             
Penyusun,



                                  Tim Pengembang Kurikulum IPS



Tidak ada komentar:

Posting Komentar