SELAMAT DATANG DI FORUM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN IPS SMP KABUPATEN KEDIRI, SEMOGA BERMANFAAT DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KABUPATEN KEDIRI
TIM PENGEMBANG KURIKULUM SMP KABUPATEN KEDIRI MATA PELAJARAN IPS
Dra NIAM ISBAT FUTHONA,M.M.(SMPN 1 WATES), SAMSUL ARIFIN, S.Pd.(SMPN 1 GROGOL), DWI NUGROHO WIDI, S.Pd.(SMPN 2 GROGOL), Drs. RACHMAD RUMPOKO (SMPN 1 TAROKAN), DENOK WIDJAJANTI, S.Pd.(SMPN 1 GAMPENGREJO), TRINI NUSA BHAKTI, S.Pd(SMPN 1 PAPAR)

Rabu, 26 Januari 2011

PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS


  1. Identitas Peneliti Utama
Nama Lengkap                        : NIAM ISBAT FUTHONA
Asal sekolah                            : UPTD SMPN 1 WATES KEDIRI

  1. Identitas Kolaborator 1
Nama                                       :
Asal sekolah                            :

Judul : Tulis judul dengan jelas, namun telah menggambarkan masalah/tujuan, bentuk tindakan dan setting penelitian.
Contoh
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
MATA PELAJARAN IPS
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
PADA SISWA KELAS 9 UPTD SMP NEGERI 1 WATES KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2009-2010

Bab I : PENDAHULUAN
Fakta/kenyataan
Siswa kurang tertarik pada mata pelajaran IPS karena menganggapnya tidak penting dan tidak menarik, sehingga guru dapat membuat model pembelajaran “JIGSAW” agar siswa meningkat hasil belajarnya

Teori/seharusnya
Semua mata pelajaran penting dan guru harus bisa mengguanakan model yang menarik bagi siswa

A. Latar Belakang Masalah
Kemukakan secara umum alasan mengapa tertarik untuk meneliti masalah tersebut misalnya adanya kesenjangan antara kenyataan di kelas dengan yang seharusnya/teori
B. Identifikasi Masalah
Kemukakan semua masalah atau kendala yang lebih spesifik yang dialami dalam proses  belajar mengajar misalnya strategi, media sumber, evaluasi motivasi siswa dan lain-lain
Kendala 1 :
Kemampuan siswa dalam satu kelas sangat heterogen sehingga guru sering mengalami kesulitan dalam mencapai KKM klasikal

Kendala 2 :
Minat siswa rendah karena merasa IPS pelajaran yang tidak penting, sehingga berpengaruh pada hasil belajarnya

Kendala 3 :
Sumber belajar yang dimiliki siswa terbatas

Kendala 4
Guru kesulitan meningkatkan hasil belajar secara optimal

Kendala 5
Siswa sering tidak mau melakukan kerjasama dengan siswa yang lain, sehingga guru perlu membuat cara yang menarik
C. Pembatasan Masalah
Pilih satu saja masalah yang sudak diidentifikasi tersebut yang dianggap mendesak

Kemukakan alasan mengapa dianggap mendesak

Kemukakan penyebab munculnya masalah tersebut

Kemukakan alternative pemecahan yang akan digunakan
Masalah terpilih :
Guru kesulitan meningkatkan hasil belajar secara optimal

Alasan :
Dengam  model pembelajaran “JIGSAW” diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Penyebab masalah:
Rendahnya hasil belajar siswa

Alternatif pemecahan masalah/solusi
Dengan model pembelajaran “JIGSAW” akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
D. Rumusan Masalah
Rumuskan masalah dengan spesifik dengan kalimat tanya

.Apakah tindakan pembelajaran melalui model “JIGSAW” dapat meningkatkan hasil belajar siswa

E. Tujuan Penelitian
Ubah rumusan masalah menjadi kalimat berita
Menerapkan pembelajaran model “JIGSAW” untuk meningkatkan hasil belajar



F.Manfaat Penelitian
Sebutkan manfaat hasilnya bagi siswa, guru sekolah orang tua dll
Siswa: Dapat mengatasi masalah dalam memahami materi pembelajaran sehingga akan meningkat hasil belajarnya

Guru: Dapat dipakai sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat

Sekolah: sebagai salah satu bahan masukan dan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan pengembangan pembelajara

Lainnya


Bab II : KAJIAN PUSTAKA
n  (URAIAN BERKAITAN DENGAN MASALAH)
n  …. (URAIAN BERKAITAN DENGAN SOLUSI)
n  …. (URAIAN BERKAITAN DENGAN PENGARUH SOLUSI TERHADAP MASALAH) 

Diisi dengan teori-teori yang menjadi dasar tindakan yang diteliti.
Mata pelajaran IPS adalah
Hasil Belajar adalah
Model pembelajaran “JIGSAW” adalah…..



A. Kajian Teori
B. Kajian Hasil Penelitian Terdahulu
Kemukakan ringkasan hasil penelitian yang pernah ada tentang masalah yang sama.






C. Kerangka Berpikir





Uraikan hubungan logis antara teori dan tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah

Dengan menggunakan model pembelajaran “JIGSAW” akan membuat siswa senang dan lebih berminat terhadap materi pelajaran karena umumnya siswa senag dengan permainan.

D. Hipotesis Tindakan

Rumuskan hipotesis tindakan dengan kalimat berita

Melalui siklus tindakan dengan model pembelajaran ”JIGSAW: dapat dibuktikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar