- Identitas Peneliti Utama
Nama Lengkap : NIAM ISBAT FUTHONA
Asal sekolah : UPTD SMPN 1 WATES KEDIRI
- Identitas Kolaborator 1
Nama :
Asal sekolah :
Judul : Tulis judul dengan jelas, namun telah menggambarkan masalah/tujuan, bentuk tindakan dan setting penelitian.
Contoh
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
MATA PELAJARAN IPS
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
PADA SISWA KELAS 9 UPTD SMP NEGERI 1 WATES KEDIRI
TAHUN PELAJARAN 2009-2010
Bab I : PENDAHULUAN | Fakta/kenyataan Siswa kurang tertarik pada mata pelajaran IPS karena menganggapnya tidak penting dan tidak menarik, sehingga guru dapat membuat model pembelajaran “JIGSAW” agar siswa meningkat hasil belajarnya Teori/seharusnya Semua mata pelajaran penting dan guru harus bisa mengguanakan model yang menarik bagi siswa |
A. Latar Belakang Masalah Kemukakan secara umum alasan mengapa tertarik untuk meneliti masalah tersebut misalnya adanya kesenjangan antara kenyataan di kelas dengan yang seharusnya/teori | |
B. Identifikasi Masalah Kemukakan semua masalah atau kendala yang lebih spesifik yang dialami dalam proses belajar mengajar misalnya strategi, media sumber, evaluasi motivasi siswa dan lain-lain | Kendala 1 : Kemampuan siswa dalam satu kelas sangat heterogen sehingga guru sering mengalami kesulitan dalam mencapai KKM klasikal Kendala 2 : Minat siswa rendah karena merasa IPS pelajaran yang tidak penting, sehingga berpengaruh pada hasil belajarnya Kendala 3 : Sumber belajar yang dimiliki siswa terbatas Kendala 4 Guru kesulitan meningkatkan hasil belajar secara optimal Kendala 5 Siswa sering tidak mau melakukan kerjasama dengan siswa yang lain, sehingga guru perlu membuat cara yang menarik |
C. Pembatasan Masalah Pilih satu saja masalah yang sudak diidentifikasi tersebut yang dianggap mendesak Kemukakan alasan mengapa dianggap mendesak Kemukakan penyebab munculnya masalah tersebut Kemukakan alternative pemecahan yang akan digunakan | Masalah terpilih : Guru kesulitan meningkatkan hasil belajar secara optimal Alasan : Dengam model pembelajaran “JIGSAW” diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa Penyebab masalah: Rendahnya hasil belajar siswa Alternatif pemecahan masalah/solusi Dengan model pembelajaran “JIGSAW” akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa |
D. Rumusan Masalah Rumuskan masalah dengan spesifik dengan kalimat tanya | .Apakah tindakan pembelajaran melalui model “JIGSAW” dapat meningkatkan hasil belajar siswa |
E. Tujuan Penelitian Ubah rumusan masalah menjadi kalimat berita | Menerapkan pembelajaran model “JIGSAW” untuk meningkatkan hasil belajar |
F.Manfaat Penelitian Sebutkan manfaat hasilnya bagi siswa, guru sekolah orang tua dll | Siswa: Dapat mengatasi masalah dalam memahami materi pembelajaran sehingga akan meningkat hasil belajarnya Guru: Dapat dipakai sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat Sekolah: sebagai salah satu bahan masukan dan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan pengembangan pembelajara Lainnya |
Bab II : KAJIAN PUSTAKA | n (URAIAN BERKAITAN DENGAN MASALAH) n …. (URAIAN BERKAITAN DENGAN SOLUSI) n …. (URAIAN BERKAITAN DENGAN PENGARUH SOLUSI TERHADAP MASALAH) Diisi dengan teori-teori yang menjadi dasar tindakan yang diteliti. Mata pelajaran IPS adalah Hasil Belajar adalah Model pembelajaran “JIGSAW” adalah….. |
A. Kajian Teori | |
B. Kajian Hasil Penelitian Terdahulu | Kemukakan ringkasan hasil penelitian yang pernah ada tentang masalah yang sama. |
C. Kerangka Berpikir | Uraikan hubungan logis antara teori dan tindakan yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah Dengan menggunakan model pembelajaran “JIGSAW” akan membuat siswa senang dan lebih berminat terhadap materi pelajaran karena umumnya siswa senag dengan permainan. |
D. Hipotesis Tindakan | Rumuskan hipotesis tindakan dengan kalimat berita Melalui siklus tindakan dengan model pembelajaran ”JIGSAW: dapat dibuktikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar