SELAMAT DATANG DI FORUM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN IPS SMP KABUPATEN KEDIRI, SEMOGA BERMANFAAT DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KABUPATEN KEDIRI
TIM PENGEMBANG KURIKULUM SMP KABUPATEN KEDIRI MATA PELAJARAN IPS
Dra NIAM ISBAT FUTHONA,M.M.(SMPN 1 WATES), SAMSUL ARIFIN, S.Pd.(SMPN 1 GROGOL), DWI NUGROHO WIDI, S.Pd.(SMPN 2 GROGOL), Drs. RACHMAD RUMPOKO (SMPN 1 TAROKAN), DENOK WIDJAJANTI, S.Pd.(SMPN 1 GAMPENGREJO), TRINI NUSA BHAKTI, S.Pd(SMPN 1 PAPAR)

Selasa, 19 Mei 2015

KISI KISI UKK KELAS 8 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 UNTUK KTSP

KISI-KISI ULANGAN KENAIKAN KELAS VIII
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Jenis sekolah     : SMP   
Mata pelajaran   : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kurikulum          : KTSP
Waktu               : 90menit
Jumlah Soal       : 50

NO
KOMPETENSI DASAR/SUBTEMA
MATERI
BAHAN KELAS
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NO SOAL
1
5.1   Menje-laskan Proses persiapan kemerde-kaan Indonesia.


Alasan Jepang membentuk BPUPKI
VIII
Siswa dapat menyebutkan realisasi janji Jepang kepada Indonesia
PG
1

VIII
Siswa dapat menyebutkan siapa yang bertugas mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang penting yang berhubungan dengan berbagai hal yang menyangkut pembentukan Negara Indonesia merdeka
PG
2

Penyusunan dasar dan konstitusi untuk negara yang akan didirikan

VIII
Disajikan data Siswa dapat menyebutkan hasil-hasil dari sidang –sidang BPUPKI
PG
3

VIII
Siswa dapat menyebutkan pengganti BPUPKI
PG
4

Peranan PPKI dalam proses persiapan kemerdekaan Indonesia

VIII
Siswa dapat menyebutkan tugas dari PPKI
PG
5

VIII
Siswa dapat menyebutkan rumusan dasar Negara menurut Piagam Jakarta yang dianggap kurang sesuai dengan kondisi bangsa  Indonesia yang diganti.
PG
6

5.2   Mendeskripsikan peristiwa- peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
Perbedaan perspektif antar kelompok sekitar proklamassi kemerdekaan Indonesia


VIII
Siswa dapat menyebutkan tujuan kelompok muda menculik dua tokoh tua
PG
7

VIII
Siswa dapat menjeelaskan alasan kelompok tua tidak bersedia melaksanakan proklamasi sesegera mungkin
PG
8

VIII
Disajikan data siswa dapat menyebutkan tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam perumusan teks proklamasi
PG
9

Kronologi proklamasi kemerdekaan Indonesia

VIII
Disajikan data siswa dapat mengurutkan susunan acara yang direncanakan dalam pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang benar
PG
10

VIII
Siswa dapat menyebutkan makna dan arti penting Proklamasi kemerdekaan Indonesia bila dilihat dari segi politik ideologis
PG
11

VIII
Siswa dapat menyebutkan makna   penting Rapat Raksasa di Lapangan IKADA yang dihadiri Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta memiliki bagi Indonesia.
PG
12

6.1. Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Pengertian Hubungan Sosial
VIII
Menyebutkan Syarat-syarat terjadinya hubungan sosial
PG
13

Mengidentifikasi factor- factor pendorong terjainya Hubungan Sosial
VIII
Menjelaskan factor pendorong dari luar yang menyebabkan terjadinya hubungan Sosial
PG
14

Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial
VIII
Menjelaskan bentuk hubungan social yang bersifat akomodasi
PG
15

VIII
Menyebutkan  fungsi pranata keluarga
PG
16

Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial
VIII
Mengidentifikasi Faktor-faktor pendorong terjadinya hubungan sosial.
PG
17

VIII
Mengidentifikasi Faktor-faktor yang mempengaruhi proses asimilasi.
PG
18

6.2 Mendeskripsikan Pranata Sosial dalam Kehidupan Masyarakat
Mendeskripsikan peran pranata sosial
VIII
Menjelaskan pengertian pranata sosial
PG
19

Mendeskripsikan peran pranata keluarga dalam Pembentukan kepribadian
VIII
Menjelaskan pengertian sosialisasi dalam pranata  keluarga
PG
20

Mengidentifikasikan jenis-jenis pranata sosial
VIII
Menjelaskan jenis pranata sosial yang berdasarkan Sistem Nilai yang Diterima Masyarakat
PG
21

VIII
Menyebutkan fungsi pranata Agama
PG
22

VIII
Menyebutkan fungsi pranata pendidikan
PG
23

Fungsi pranata sosial
VIII
Mendiskripsikan peran pranata keluarga dalam pembentukan kepribadian
PG
24

6.3 Mendeskripsikan pengendalian penyimpangan sosial

Mengidentifikasi jenis pengendalian penyimpangan social
VIII
Menjelaskan bentuk Pengendalian sosial menurut tujuannya
PG
25

VIII
Menyebutkan bentuk-bentuk pengendalian social
PG
26

VIII
Menyebutkan Lembaga Pengendali Penyimpangan Sosial
PG
27

Jenis pengendalian penyimpangan sosial (preventif dan represif)
VIII
Mendiskripsikan tujuan pengendaliaan sosial
PG
28

7.1 Mendes-kripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan  ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penainggulangannya

Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja dan pengangguran.

VIII
Disajikan kasus siswa dapat menyebutkan golongan tenaga kerja orang yang disebut dalam kasus
PG
29


.

VIII
Disajikan data dalam kolom siswa dapat memilih kolom yang tergolong tenaga kerja terdidik
PG
30



VIII
Siswa dapat menyebutkan faltor-faktor yang dapat  mempengaruhi angkatan kerja
PG
31


Jenis-jenis pengangguran

VIII
Disajikan kasus siswa dapat menyebutkan golongan apa pada kelompok pengangguran
PG
32


Peranan pemerintah dalam mengatasi masalah tenaga kerja di Indonesia

VIII
Siswa dapat menyebutkan usaha pemerintah dalam mengatasi ketenagakerjaan
PG
33















7.2 Mendiskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia


Sistem Ekonomi
VIII
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat menyebutkan ciri sistem ekonomi terpusat
PG
34

Bentuk sektor usaha formal
VIII
Menyebutkan bentuk sektor usaha yang sesuai pasal 33 UUD 1945
PG
35

Sistem Perekonomian Indonesia
VIII

Menyebutkan ciri sistem perekonomian Indonesia
PG

36


BUMN
VIII
Menjelaskan tujuan BUMN
PG

37


Pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi
VIII
Memberikan contoh kegiatan ekonomi pemerintah daerah
PG
38

Pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi
VIII
Memberikan contoh peran pemerintah sebagai pengatur kegiatan ekonomi
PG
39

7.3 Mendiskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian Indonesia

Pajak dan Retribusi
VIII
Menjelaskan perbedaan pajak dengan retribusi
PG
40

Fungsi Pajak
VIII
Mengidentifikasi fungsi pajak
PG
41

Jenis-jenis pajak
VIII
Menyebutkan contoh pajak ditinjau dari cara pemungutannya
PG
42

VIII
Disajikan data contoh macam-macam pajak, siswa dapat menyebutkan contoh pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah
PG
43

Tarif pajak
VIII
Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi salah satu macam tarif pajak
PG
44

Pajak Pertambahan Nilai(PPN)
VIII
Disajikan data, siswa dapat mengidentifikasi besarnya Pajak Pertambahan (PPN) dari suatu transaksi
PG
45

7.4 Mendiskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
Permintaan


VIII
Mengidentifikasi permintaan berdasarkan daya beli konsumen
PG
46


VIII
Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
PG
47

Penawaran
VIII
Mengidentifikasi pengertian  penawaran
PG
48

VIII
Menjelaskan hukum penawaran
PG
49

Harga Pasar
VIII
Mengidentifikasi pengertian harga pasar
PG
50